Pengelolaan Pencairan #DanaDesa di 2018 - DesaNgawi.ID
Pengelolaan Pencairan #DanaDesa di 2018

Pengelolaan Pencairan #DanaDesa di 2018

Share This

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesn PDTT) menginformasikan kepada seluruh warga khususnya para pemangku kebijakan di tingkat Desa terkait dengan Pengelolaan Pencairan #DanaDesa di 2018.

Melalui akun twitternya, Pemerintah dalam hal ini Kemendes PDTT menyebutkan bahwasanya akan terus berupaya mempermudah proses pencairan dana desa. Langkah ini dilakukan agar #DanaDesa dapat semakin memberikan dampak positif bagi percepatan pembangunan kawasan perdesaan.

Ada perubahan tahapan penyaluran #DanaDesa dari semula 2 tahap kini menjadi 3 tahap. Penyaluran #DanaDesa dilakukan dengan pemindahbukuan dari Rekening Umum Kas Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) untuk selanjutnya disalurkan ke Rekening Kas Desa (RKD. Tahap pertama sebesar 20% akan di mulai Januari 2018 ini dan paling lambat di minggu ketiga bulan Juni 2018. Untuk penyaluran tahap kedua sebesar 40% disalurkan paling cepat bulan Maret 2018 dan paling lambat minggu keempat bulan Juni 2018. Sedangkan tahap ketiga sebesar 40% disalurkan paling cepat bulan Juli 2018.

Kemendes PDTT menghimbau kepada seluruh desa untuk jangan lupa melengkapi semua persyaratan pencairah sebagaimana tertuang dalam Peraturean Menteri Keuangan PMK Nomor 225 Tahun 2017.

Menteri Desa PDTT, Eko Sandjojo menyampaikan bahwa upaya mempermudah pencairan #DanaDesa merupakan komitmen pemerintah agar warga desa benar-benar mendapatkan manfaat dari #DanaDesa. Menurutnya, dalam tiga tahun terakhir, pembangunan di desa semakin bergeliat. Dirinya juga berpesan jangan menggunakan kontraktor, karena sesuai arahan Presiden, pelaksanaan #DanaDesa 2018 ini dilakukan dengan menggunakan skema #PadatKaryaTunai (PKT) atau Cash for Work. Hal ini tentu untuk percepatan kemajuan ekonomi masyarakat desa.

"Harus ada keselarasan antara bupati dan kepala desa dalam mengarahkan penggunaan #DanaDesa agar sesuai kebutuhan masyarakat," tegasnya.

Kerja sama yang solid, lanjutnya, antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Desa (Pemdes) akan membantu percepatan pencairan #DanaDesa. Ia pun mengajak seluruh pemerintah kabupaten dan desa untuk membantunya mengawal #DanaDesa. Kemendesa PDTT menghimbau secara tegas apabila ada indikasi penyelewengan bisa segera dilaporkan ke Call Center 1500040 dan atau mention ke akun twitter @SatgasDanaDesa.

Ayo Bangun Desa karena #DanaDesa adalah #UangKita!

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad